Sejuta cara menyelesaikan Rubik’s Cube

Maap kalo judulnya sedikit berlebihan, bukan sejuta sih, tapi intinya adalah banyak cara untuk menyelesaikan sebuah Rubik cube..

  1. Algoritma. Ini adalah cara menyelesaikan yang paling benar. Secara spesifik ada banyak sekali metode/algoritma yang dipakai untuk menyelesaikannya. Mulai dari metode beginner, CFOP, larson, dll. Untuk mempelajarinya bisa buka disini atau disini (bahasa). Rekor dunia 7.08 detik dipegang oleh Erik Akkersdijk (Belanda).
    Tingkat kesulitan: Sedang – Sulit.
  2. Coba cari di google dengan kata kunci online cube solver“, anda akan dibawa ke beberapa situs yang menyediakan layanan untuk menyelesaikan rubik cube. contohnya disini,  masukkan komposisi warna rubikmu, lalu tekan solve, ikutin instruksi disitu, jadi deh.
    Tingkat Kesulitan: sedang, tools: browser.
  3. Metode diselanjutnya adalah memisahkan tiap piece dari rubik dan menyusunnya kembali pada posisi semula.
    Tingkat kesulitan: mudah, tools: obeng
  4. Alih2 melepas tiap bagian, metode yang satu ini adalah melepaskan stikernya saja, kemudian menyusun kembali pada tempat semula.
    Tingkat kesulitan: mudah, tools: cutter, lem
  5. Cara terakhir adalah cara yang paling mahal menurut saya, karena anda butuh 6 kaleng cat berbeda warna. Namun, ada sesuatu yang dapat kita ambil pelajaran dari sini, apa itu…
Sejuta cara menyelesaikan Rubik’s Cube

19 pemikiran pada “Sejuta cara menyelesaikan Rubik’s Cube

  1. saya sudah pernah membongkar semua rubik cube 3x3x3.
    tapi setelah dirakit kembali, kenapa masih tetap saja kesat/tidak lancar ?
    saya juga sudah pernah menyemprot minyak khusus untuk plastik, tapi tetap saja tidak lancar. Apakah ada solusi yang lain ?

    terima kasih.

    1. kalo ga salah pake pelumas silikon yg biasa untuk melancarkan kaca mobil mas (cb cr di youtube “how to lube cube”). intinya tu di lapisan silikon yang nempel yg bikin licin, kalo pake cairan/minyak malah bikin keset.

Tinggalkan komentar